Komputer dan Program

Komputer

Apakah komputer itu? komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari CPU, memory, hardisk, (floppy disk), monitor, printer, dan beberapa alat untuk komunikasi. Komponen-komponen tersebut saling terhubung dengan sub-sistem yang dinamakan bus. Pada PC (personal computer) komponen-komponen tersebut disusun pada motherboard berupa sirkuit yang menghubungkan semua bagian dari komputer secara bersama-sama.

CPU

CPU (central processing unit) adalah otak dari komputer. Seluruh instruksi yang ada pada memori akan dikeluarkan untuk selanjutnya diproses/eksekusi sehingga komputer melakukan suatu proses. Kecepatan yang dimiliki pada CPU diukur dengan satuan megahertz (MHz) dimana ukuran 1 megahertz sama dengan jutaan pulses tiap detik. Kecepatan pemrosesan pada CPU memiliki kecenderungan kecepatan yang terus meningkat.

Memory

memori merupakan komponen yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi berupa program yang akan diproses pada CPU. Memori merupakan susunan bytes yang terurut yang masing-masing terdiri dari delapan bit data. Program komputer harus disimpan pada memori sebelum dieksekusi.

Storage Devices

bagian sebelumnya telah dijelaskan apa itu memori, yaitu komponen pada komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara (volatile, yaitu apabila tidak ada aliran listrik maka data akan hilang). Storage device tergolong bagian komputer yang sifatnya non-volatile yaitu data yang disimpan tidak akan hilang walaupun tidak ada aliran listrik. Macam-macam storage devices adalah disk drive (hardisk), CD drives dan Tape drives.

Output Devices

output devices merupakan perangkat yang menampilkan hasil proses yang diolah di dalam komputer baik secara visual maupun audio. Contoh dari komponen output adalah monitor, speaked dll.

Program Komputer

Program komputer merupakan kumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer. Program komputer atau yang biasa disebut sebagai software atau juga disebut perangkat lunak merupakan perintah yang kita berikan kepada komputer untuk melakukan apa yang kita kehendaki, tanpa program komputer maka komputer hanyalah sebuah mesin kosong. Komputer tidak memahami bahasa manusia, sehingga kita membutuhkan bahasa yang dipahami oleh komputer dalam berkomunikasi. Program ditulis menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman terbagi menjadi tiga level atau tingkatan, yaitu machine language (bahasa mesin/tingkat-rendah), assembly language (tingkat-menengah), high-level language (tingkat-tinggi). Bahasa mesin/tingkat rendah merupakan kumpulan instruksi yang dimiliki oleh setiap mesin/komputer dimana instruksi berupa kode biner (angka 1 dan 0). Bahasa ini sangat dipahami mesin tetapi sulit dipahami oleh manusia, sehingga membutuhkan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh manusia untuk mengembangkan sebuah program. Selanjutnya adalah bahasa assembly, bahasa tingkat menengah ini dibuat untuk mempermudah proses penulisan kode program. Kemudahan ini berbanding terbalik dengan pemahaman mesin terhadap bahasa ini. Mesin membutuhkan translator untuk memahami instruksi yang digunakan untuk merubah bahasa assembly menjadi bahasa mesin yang disebut sebagai assembler. Terakhir adalah bahasa tingkat tinggi yang merupakan bahasa pemrograman yang saat ini paling digunakan. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman yang strukturnya menyerupai bahasa inggris sehingga sangat mudah dipahami oleh manusia untuk menuliskan kode program.

Download berkas presentasi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*